Mengenal Alat Uji Elektronik Osiloskop – Oscilloscopes adalah salah satu alt andalan laboratorium elektronik yang sangat penting. Oscilloscopes adalah salah satu dari sedikit peralatan elektronik yang memiliki banyak kegunaan dan dapat digunakan sebagai pengganti peralatan elektronik lainnya. Berbagai jenis osiloskop dirancang untuk para awam dan professional. Berikut adalah berbagai jenis osiloskop tersedia dalam bentuk analog maupun digital. kisaran harga alat yang satu ini sangatlah bervariasi. Osiloskop analog sering digunakan sebagai pemecahan masalah utama pada osiloskop digital sinyal yang dirasa memiliki beberapa kekurangan. Berikut adalah ulasan lengkapnya.

– Osiloskop Analog
Osiloskop analog secara langsung menampilkan sinyal yang diambil oleh sebuah probe yang akan diketahui pelacakannya pada layar. Kemampuan penyimpanan memungkinkan bentuk gelombang untuk ditampilkan dalam periode waktu yang lama. Pekerjaan audio dan video analog sangat cocok untuk menggunakan alat yang satu ini karena kemampuan osiloskop analog yang dapat menangani sinyal digital berkecepatan rendah. Osiloskop analog memang menawarkan rentang dinamis yang lebih baik daripada osiloskop digital. Jenis yang satu ini juga dinilai tidak memiliki masalah pada pembacaan seperti halnya pada osiloskop digital. Osiloskop analog umumnya lebih terjangkau daripada osiloskop digital.

– Osiloskop digital
Osiloskop digital tersedia dalam berbagai jenis. Dua faktor kunci dalam kinerja osiloskop digital adalah laju sampling dan bandwidth. Laju pengambilan sampel osiloskop akan membatasi kemampuannya untuk menangkap peristiwa transien sedangkan bandwidth osiloskop membatasi frekuensi sinyal berulang yang dapat ditampilkan oleh osiloskop.

– Oscilloscopes Penyimpanan Digital
Sebagian besar osiloskop digital adalah osiloskop penyimpanan digital. Osiloskop penyimpanan digital dapat menangkap peristiwa sementara dan menyimpannya untuk dianalisis, pengarsipan, pencetakan, atau pemrosesan lainnya. Jenis yang satu ini memiliki penyimpanan permanen untuk merekam sinyal. Osiloskop penyimpanan digital tidak dapat menampilkan tingkat intensitas sinyal waktu nyata atau real time, tidak seperti osiloskop analog. Osiloskop penyimpanan digital adalah alat kerja desain digital dunia nyata di mana empat atau lebih sinyal dianalisis secara bersamaan.

– Osiloskop Fosfor Digital
Untuk menangkap dan menganalisis sinyal digital berkecepatan lebih tinggi, oscilloscopes Digital mengalahkan oscilloscopes penyimpanan digital standar. Osiloskop fosfor digital menggunakan solusi ADC pemrosesan paralel yang memberikan laju pengambilan sampel yang jauh lebih tinggi daripada osiloskop penyimpanan digital tradisional. Laju pengambilan sampel ini memungkinkan tingkat kinerja visualisasi sinyal yang memiliki tampilan waktu-nyata.

Osiloskop fosfor digital menduplikasi efek fosfor dengan menyimpan basis data nilai-nilai bentuk gelombang berulang dan meningkatkan intensitas pada tampilan di mana bentuk gelombang tumpang tindih. Seperti osiloskop analog, ruang lingkup fosfor digital dapat mengungkapkan transien dengan menampilkan tingkat intensitas, tetapi masih bisa melewatkan transien yang terjadi di luar jendela pengambilan data dan laju pembaruannya. Osiloskop fosfor digital menggabungkan fitur osiloskop penyimpanan digital dan teknologi osiloskop analog, menjadikannya sangat tepat untuk digunakan untuk melakukan analisis lanjutan, pengujian komunikasi, dan pemecahan masalah.

– Osiloskop Domain Campuran
Menggabungkan penganalisis spektrum RF, penganalisis logika, dan osiloskop digital dan Anda mendapatkan osiloskop domain campuran. Ketika merancang atau bekerja dengan sistem yang mencakup sinyal digital, logika digital, dan komunikasi frekuensi radio, osiloskop domain campuran menjadi alat yang penting. Manfaat penting dari osiloskop domain campuran adalah dapat melihat sinyal dari masing-masing domain, analog, RF, dan logika pada waktu tertentu. Osiloskop Domain Campuran memungkinkan anda untuk melakukan debugging, dan pengujian sinyal untuk dipelajari lebih lanjut lagi.